Jumat, 23 Oktober 2015

Pengenalan Tulisan Tangan Menggunakan Metode Learning Vector Quantization (LVQ) (Skripsi) Tugas Akhir

Pengenalan Tulisan Tangan Menggunakan Metode Learning Vector Quantization (LVQ)



A) Definisi
     Learning Vector Quantization (LVQ) adalah suatu metode pelatihan pada lapisan kompetitif terawasi yang akan belajar secara otomatis untuk mengklasifikasikan vektor-vektor input ke dalam kelas-kelas input.

Pada tahap ini, pengenalan citra tulisan tangan dilakukan untuk mengetahui apakah tulisan tangan yang sedang diidentifikasi dikenali atau tidak. Dan berdasarkan dari hasil identifikasi tersebut, maka akan dapat diketahui, jika data inputan tulisan tangan sesuai, maka lapisan kompetitif akan meletakkan kedua vektor input tersebut kedalam kelas yang sama.


Adapun Flowchart Algoritma Learning Vector Quantization adalah sebagai berikut


1.1 Flowchart LVQ


Dari Flowchart Diatas, maka Algoritma LVQ adalah sebagai berikut:
Tetapkan :

1.  bobot(w), maksimum iterasi (maksimum Epoch), error minimum yang diharapkan(eps), learning        rate(α).
2.  Masukan : Input: x(m,n) dimana m = jumlah input dan n = jumlah data, Masukkan Target : T(1,n)
3.  Tetapkan kondisi awal :
      epoh = 0;
      err = 1;
4.  Kerjakan jika : (epoh < maksimum iterasi ) atau (α > eps)
     a.  epoh = epoh + 1;
     b.  Kerjakan untuk i = 1 sampai n
          1)  Tentukan J sehingga || x – wj || adalah minimum
          2)  Perbaiki wj dengan ketentuan:
    c)  jika T = J maka wj(baru)=wj(lama) + α (x-wj(lama))
    d)  jika T tidak sama dengan J maka wj(baru)=wj(lama)- α (x-wj(lama))
    e)  Kurangi nilai α(0.1x α) pada iterasi berikutnya

Pada Kasus yang saya angkat adalah pengenalan Tulisan Tangan, Jadi Program bermetode Larning Vector Quantization ini berfungsi mengenali huruf-huruf Tulisan Tangan.. Hehehe..

Oke Lanjut Pada Pembahasan, Dapat dilihat pada Gambar ini


1) Proses Pelatihan / Trainning Learning vector Quantitaion Pada gambar karakter
 
1.2 . Pilih Proses Pelatihan/ Trainning




1.3. Proses Pencarian Gambar




1.4 Proses  Uji



 

 1.5 Hasil Uji


- list di atas tombol "Simpan ke Data Bobot" Adalah data bobot yang sudah tersimpan di database hasil Proses pelatihan

- list di atas tombol "Simpan ke Data Latih" Adalah data bobot yang sudah tersimpan di database yaitu data apa saja yang pernah dilatih


Untuk Prosedur Latih :
- Klik Proses
- Pelatihan
- Cari dan Proses Citra
- Cari Gambar
- Pilih Combo untuk menentukan data image nanti masuk kelas apa  (kalau uji ndak usah)
- Masukkan Ke latih (semakin banyak gambar yang dimasukkan ke list data latih maka aplikasi semakin pintar dalam mengenali)
- Masukkan nilai Maks looping, Alpha , error min
- Proses Latih

Untuk ProsedurPengujian (Pengenalan)
- Klik Proses
- Pengujian
- klik Reset sebagian (untuk Menguji 1 gambar)
- Cari dan Proses Citra
- Cari Gambar
- Masukkan Ke Uji
- Masukkan Ke latih
- Masukkan nilai Maks looping, Alpha , error min
- Proses Uji

Untuk dapat mencoba aplikasi exe dan database dapat di unduh di google drive saya  diSINI

Dan mengenai Aplikasi, untuk Password boleh menghubungi saya via WA : 085-785-9595-05
dan jika menginkan Project bisa langsung menghubungi saya :)


Contoh Data Latih:




Contoh Data Uji


Salam Sukses



7 komentar:

  1. Silahkan Berkomentar dan Bertanya juga Boleh :D

    BalasHapus
  2. ini buatnya pakai apanya? kalu imagenya diganti sama dataset hasil ekstraksi kira2 gmn?, thx

    BalasHapus
  3. aplikasinya kok ga bisa dijalankan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya update di google drive monggo di download ulang

      saya update Per 6 Oktober 2018

      Hapus
  4. @Desy, bisa asal datasetnya memiliki nilai. untuk lebih jelasnya dapat menghubungi saya via bbm / WA agar dapat memahami dahulu konsep perhitungannya

    @Muhhamad Lundy : bisa jalan asal ada databasenya danuntuk databasenya sengaja saya ndak upload karena HAKI dari Tugas Akhir saya, untuk lebih jelasnya dapat saya ajari konsep metode ini dengan aplikasi sederhana sebelum memahami konsep berdasarkan data sehingga dapat mengerti cara perhitungan dan penyimpanan bobot

    BalasHapus
  5. tolong bimbing saya mas, saya sedang mengerjakan tugas akhir dengan tema LVQ, mirip dengan postingan ini, pengenalan karakter tulisan tangan yang nantinya output dari program saya adalah halaman html. yang mau saya tanyakan bahasa pemrograman yang mas pakai untuk membuat program ini apa? kemudian tolong dijelaskan untuk proses yang terjadi pada form pemrosesan gambar? output dari program ini seperti apa? maaf ya mas banyak nanya hehe

    BalasHapus
  6. bahasa pemrogramanku Visual Studio 6.0 / VB6 Enterprise
    kalau tanya Via WA / BBM, kalau masih bingung coba cari buku Sri kusuma Dewi, saya dulu waktu Kuliah juga cuma 2 dosen yang paham, tapi Lvq ini sebenarnya sederhana kok.

    Bagaimana melalui metode ini, dapat menyimpan bobot terbaik untuk mengklasifikasi huruf/ karakter dalam Kasus ini..

    BalasHapus